5 TIPS MUDIK LEBARAN BIAR AMAN DAN SELAMAT SAMPAI TUJUAN

Selamat siang sobat Blogger, salam sukses dan sehat selalu. Selamat menjalankan ibadah puasa, dan semoga mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Baiklah kali ini admin akan berbagi tips dan trik seputar tips mudik lebaran biar aman dan selamat sampai tujuan. 

Demi berlebaran dengan keluarga dikampung halaman tercinta, puluhan juta orang mudik ke kampung halaman. Mudik pasti sangat identik dengan perjalanan panjang jauh, melelahkan dan pasti macet. Banyak cara mudik yang dilakukan antara lain dengan lewat jalan udara, laut dan darat. Walaupun banyak tersedia alternatif lain, tidak menutup kemungkinan banyak juga orang yang ketika mudik melalui jalan darat, mudik bisa memakai kendaraan umum, kendaraan pribadi, dan sepeda motor.

Sebenarnya mudik menggunakan sepeda motor kurang dianjurkan, karena sepeda motor tidak di desain untuk perjalanan jauh. Akan tetapi, banyak faktor yang membuat orang lebih memilih alternatif ini. Bila Anda terpaksa harus mengendarai sepeda motor, anda bisa baca tips mudik lebaran aman dan agar bisa selamat sampai tujuan dengan sepeda motor dibawah ini telah admin paparkan beberapa tips agar bisa mengurangi resiko kecelakaan dan masalah di jalan ketika berkendara.



- Lengkapi Surat - Surat Kendaraan Bermotor Anda


Ketika hendak melalukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor, sebelum berangkat pastikan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) anda sudah disiapkan serta masih berlaku. Jika masa berlakunya habis akan membuat konsentrasi si pengendara terpecah dan bisa menghambat proses perjalanan mudik Anda.


- Pastikan Kondisi Tubuh Anda Dalam Keadaan Sehat dan Fit



Sebelum mudik, pastikan bahwa anda dan keluarga berada dalam kondisi sehat dan fit. Karena ini sangat berpengaruh ketika kita sedang di dalam perjalanan mudik nanti terutama bagi driver yang mengemudikan kendaraan.


- Pastikan Kondisi Kendaraan Atau Sepeda Motor Dalam Keadaan Baik dan Normal.



Sebelum mudik, pastikan keadaan kendaraan atau sepeda motor anda telah siap untuk dibawa mudik. Silakan periksa kondisi oli mesin, periksa kelayakan roda kendaraan baik roda depan maupun roda belakang, periksa keadaan rem depan dan rem belakang kendaraan, periksa kondisi rantai dan gir kendaraan, serta periksa juga kondisi rem depan dan rem belakang kendaraan. Jika semuanya telah siap, anda bisa menggunakan kendaraan tersebut buat berasngkat mudik.


   
- Packing Barang Bawaan Anda Dengan Baik dan Benar


Ketika ingin berangkat mudik ke kampung halaman, pasti wajib membawa barang - barang keperluan anda. Agar perjalananan anda tidak terganggu jangan membawa barang yang terlalu banyak yang melebihi kapasitas muatan kendaraan Anda. Karena ini nantinya dapat mengganggu aktifitas perjalanan Anda.
Silakan urutkan barang/ muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan atau dijangkau. Agar tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

- Patuhi Peraturan Lalu Lintas.


Dalam melakukan perjalanan mudik, patuhilah peraturan lalu lintas yang benar, perhatikan rambu-rambu dijalan yang anda lewati serta berkendaralah dijalur yang benar.
Dan satu lagi yang harus Anda ingat adalah jika kita berkendara dengan mobil pribadi di Jalur Pantura adalah siap mengalah dengan Bus Antar Kota/Propinsi, mereka ini "Raja Setan Jalanan Pantura". Jangan coba-coba adu balap meski kita ada di jalur yang benar.
Bila dari arah berlawanan tiba-tiba ada Bus yang melancangi truk gandeng yang berjalan lamban, Anda harus siap mengurangi kecepatan dan minggir ke kiri.


avatar
AUTOR: FIAN MT
I'm just a beginner blogger who tried to learn things related to coding which always appears in front of the eye

0 Comments