Cara Cerdas Atasi AC Mobil Yang Tidak Dingin



Bagi orang-orang yang sudah berpengalaman sebagai pengendara mobil sudah pasti pernah mengalami hal berikut ini, yaitu keadaan AC mobil yang tidak dingin. Dan hal ini merupakan masalah tersendiri bagi pengendara mopbil.

Tidak sedikit orang yang mengeluh bahwa AC di mobil mereka tidak dingin. Hal tersebut seakan sudah umum dialami oleh kebanyakan orang. Namun bagaimanakah cara untuk mengatasinya?

Ada beberapa faktor penyebab hal ini terjadi. Dan yang harus Anda perhatikan adalah penyebab mengapa AC mobil jadi tidak dingin. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat hal itu terjadi, diantaranya:


-Putusnya Drive Belt
-Tekanan system AC mobil berlebihan
-Freon habis
-Kompresor aus
-Overheating pada mesin   
-Saluran pembuangan asir kondensasi tersumbat
-Kondensor dan radiator kotor
-Spul magnetic clutch putus
-Evaporatir kotor atau tersumbat
-Motor Cooling Fan

Penyebab AC tidak dingin paling memungkinkan dan sering dialami adalah freon yang berkurang atau habis. Keadaan tersebut biasanya disebabkan oleh adanya kebocoran pada rangkaian system pendingan kabin mobil. Untuk itu, saat ke bengkel pastikan Anda meminta montir untuk lebih dulu mengecek masalah pada Freon. Carilah dimana kebocoran itu dan mengganti Freon dengan yang baru.

Selanjutnya, beralih ke poin ke-8, yakni magnetic cluth yang putus. Magnetic clutch sendiri merupakan komponen yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor AC. Peranti ini terhubung oleh tali kipas yang memutarnya hingga menghasilkan arus listrik. Aliran listrik tersebut akan menarik pusat magnetic clutch menempel ke kompresor AC.

Terdapat beberapa gejala akibat kerusakan magnetic clutch, antara lain AC tidak dingin meski blower tetap hidup, putaran mesin naik ketika AC mulai memanas, hingga bunyi logam yang bergesekan.

Untuk memastikannya Anda bisa memeriksa komponen ini dengan memberikan arus listrik langsung dari aki. Apabila pusat magnetic clutch tidak tertarik ketika diberi arus, bisa dipastikan terjadi masalah, putus misalnya.

Di poin ke-9 ada evaporator yang kotor atau tersumbat. Sebenarnya ini juga salah satu penyebab paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Cara mengatasi keadaan ini bisa dibilang cukup sederhana, yaitu dengan membersihkannya.

Tapi tunggu dulu, untuk membersihakan evaporator yang kotor tidak sembarang orang, artinya tetap butuh keahlian khusus. Apabila terjadi kesalahan dalam membersihkan evaporator, maka hal tersebut dapat mengakibatkan kompresor bocor. Jangan sampai Anda ingin menyelesaikan masalah namun justru menambah masalah baru.


(mr.benchmark)

   

avatar
AUTOR: FIAN MT
I'm just a beginner blogger who tried to learn things related to coding which always appears in front of the eye

0 Comments