Cara Mudah Dan Aman Dalam Membeli Mobil Bekas

Bagi Anda yang mempunyai rencana untuk membeli mobil bekas pasti terkadang bertanya dalam hati bagaimana sebenarnya cara membeli mobil bekas yang paling aman. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali membeli mobil bekas.Banyak kejadian tergiur harga mobil bekas murah. Namun, ternyata mobil banyak memiliki kekurangan di sana sini, bahkan kadang surat surat mobil juga tidak lengkap, dengan demikian anda harus membekali diri dengan ilmu membeli mobil bekas yang benar.

Telah banyak konsumen yang merasa tertipu setelah membeli mobil bekas. Karena tidak paham soal seluk beluk mobil. Padahal sebenarnya tidak begitu sulit membeli mobil bekas jika anda tahu ilmunya. Di pasaran mobil bekas banyak di pajang berbagai macam jenis mobil dari harga puluhan juta hingga beberapa ratus juta rupiah.

Ketika Anda telah mendapatkan mobil yang Anda inginkan melalui internet atau pun melalui media lain, dan saatnya untuk melihat langsung mobil tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal yang jamak dilakukan adalah melihat goresan atau penyok di bodi mobil, dan tentu saja melakukan test drive. Tapi ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk memastikan mobil tersebut layak dibeli.

Secara umum mobil mobil bekas yang di jual pedagang mobil bekas memiliki pasaran harga tinggi sehingga tidak mungkin mendapatkan mobil bekas harga murah. Bagi anda yang mencari mobil bekas harga murah tentunya harus mendapatkan langsung dari pemiliknya.

Pada dasarnya, pembelian mobil bekas pasti penuh resiko, sehingga memerlukan kepandaian soal mesin mobil dan hal lainnya yang berhubungan dengan kendaraan termasuk pengecekan surat surat kendaraan. Tetapi yang pasti anda akan mendapatkan mobil bekas harga murah. Dibawah ini akan kami paparkan bagaimana cara aman dan mudah dalam membeli mobil bekas, diantaranya :


-Tentukan Jenis Dan Type Mobil

Pastikan anda sudah menentukan jenis maupun type mobil bekas yang akan anda cari dan sesuaikan dengan besarnya dana yang anda siapkan.

-Cari Informasi Lengkap Seputar Mobil Yang Akan Dibeli

Dapatkan informasi mobil mobil bekas yang di jual dari manapun termasuk koran dan media elektronik. Dan tentukan mobil incaran anda. Sebaiknya mempunyai beberapa alternatif. Pilih pemilik mobil yang mencantumkan no telpon / hp sehingga anda dapat menghubungi sebelumnya.

-Tanyakan Kepemilikan Mobil

Sebaiknya pilih kendaraan dengan atas nama penjual sendiri supaya nantinya anda lebih mudah untuk perpanjangan STNK. Lebih baik lagi jika masih satu daerah ( SAMSAT ).

-Jangan tergiur harga murah

Saat ini banyak iklan di media yang menawarkan mobil bekas dengan harga yang murah. Sebaiknya jangan tergiur dengan harga-harga miring yang ditawarkan. Sebagian besar iklan di koran hasilnya mengecewakan.

-Membeli di tempat yang dipercaya

Jangan membeli mobil bekas di sembarang tempat. Apalagi di tempat-tempa penjualan yang ilegal dan tidak resmi. Belilah di tempat penjualan yang memang sudah memiliki brand dan memang bisa dipercaya. Tempat yang sudah memiliki brand (nama) akan berusaha menjaga nama baiknya sehingga mereka tidak ingin dikomplain pembeli. Tempat yang bisa dipercaya juga biasanya berani memberikan jaminan, bahkan hingga 100 persen uang kembali jika mobil dibeli ternyata cacat. Mereka juga tidak sembarangan suplay mobil untuk dijual. Biasanya mereka suplay dari perusahaan-perusahaan produsen mobil yang sudah besar.

-Jangan tergesa-gesa membeli

Kalau bisa, sebaiknya kalau membeli mobil bekas jangan membawa istri. Menurutnya, wanita biasanya memilih mobil secara emosional. Mudah tergoda dengan tampilan yang bagus. Padahal yang terlihat bagus bisa jadi cuma luarnya saja

-Cek kondisi bodi

Perhatikan bagian-bagian bodi mobil yang mungkin sudah diganti. Caranya bisa dengan mengecek di Google kondisi mobil baru tersebut. Lalu bandingkan dengan mobil bekas yang dijual. Cek mulai dari bagian dalam dan luar mobil. Misalnya pintu mobil apakah pernah diganti, pastikan lebar nat antara pintu dan kusen sama lebar di sekeliling pintu. Bila beda, boleh jadi itu pernah tabrakan atau patah.

-Cek kondisi mesin

Untuk mengecek kondisi mesin dibutuhkan kemampuan teknikal yang mumpuni. Mobil yang bekas banjir biasanya suaranya lebih keras dari mobil normal. Atau sebaiknya Anda perlu mengajak seorang teknikal untuk mengecek. Saat ini bengkel-bengkel mobil juga sudah semakin canggih dan menggunakan sistem komputerisasi.

-Lakukan Test Drive

Jika sesuatu yang tak beres terjadi dengan mobil bekas tersebut orang awam yang bukan teknisi mobil pun pasti bisa mengetahuinya.

-Cek dokumen kendaraan

Saat ini dokumen mobil bekas banyak bodong alias palsu. Sebaiknya Anda jeli terhadap surat-surat kendaraan yang ada. Sebelum melakukan pembayaran, periksa STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya. Anda bisa fotokopi dokumen . Kemudian konfirmasikan ke Kepolisian sesuai dengan plat nomornya. Hal ini untuk memastikan bahwa mobil bekas tersebut hasil curian atau bukan.

avatar
AUTOR: FIAN MT
I'm just a beginner blogger who tried to learn things related to coding which always appears in front of the eye

0 Comments